Anggota legislatif Kabupaten Seluma mengkritik pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) terkait banyaknya keluhan berkaitan dengan pelayanan pengurusan administrasi kependudukan oleh masyarakat. 

Wakil Ketua II DPRD Seluma Ulil Umidi mengatakan pihaknya sudah memahami permasalahan klasik di Dinas Dukcapil Seluma.

Namun hal itu semestinya tidak menjadi kendala secara terus menerus. 

"Kalau masalah klasik tersebut, itu sudah ada sejak zaman dahulu. Kalau itu masih menjadi sebuah masalah, kapan mereka berinovasi untuk mengatasi masalah tersebut," kata Ulil di Seluma, Rabu.

 Dia juga menyayangkan sikap Dinas Dukcapil Seluma, yang terkesan menyalahkan jaringan dan pemerintah pusat atas pelayanan yang tidak maksimal.

Seharusnya, menurutnya, berbagai kendala itu harus menjadi acuan untuk melakukan perubahan.

"Sekarang ini jangan mencari kambing hitam karena ini sudah menjadi buah bibir, kalau sudah tahu persoalan, yang harus dilakukan adalah mencari jalan keluarnya, bukan mencari pembenaran lain," ucap Ulil. 

Selaku pimpinan DPRD Kabupaten Seluma, Ulil Umidi berharap Dinas Dukcapil Seluma harus segera mencari solusi atas permasalahan yang terjadi terus menerus sehingga masyarakat Seluma bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal dalam mengurus administrasi kependudukan.

"Dukcapil harus segera mengejar dan menyelaraskan dengan program Bupati Seluma. Karena memang saat ini, Bupati tengah mencanangkan program 'Seluma Alap' yangharus didukung oleh OPD manapun," ujarnya.

Dikatakannya bahwa, DPRD Seluma juga akan mencoba memastikan, bahwa tidak ada lagi masyarakat Seluma yang kecewa atas pelayanan Dinas Dukcapil Seluma. Termasuk masalah antri menunggu, hingga berulang kali datang ke dinas tersebut.

Pewarta: Rian

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021