Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan pemberian vaksin tahap II untuk mencegah sebanyak 1.000 sapi di daerah ini terserang penyakit jembrana selesai dalam bulan April 2021.

“Pemberian vaksin tahap I untuk sebanyak 2.000 sapi telah selesai, selanjutnya pemberian vaksin tahap II untuk 1.000 ekor sapi di daerah ini,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman di Mukomuko, Sabtu.

Kabupaten Mukomuko tahun ini mendapatkan penambahan sebanyak 1.000 dosis vaksin guna mencegah 1.000 ekor sapi terjangkit penyakit jembrana dari pemerintah provinsi setempat.

Daerah ini sebelumnya telah menerima bantuan sebanyak 2.000 dosis vaksin dari pemerintah provinsi setempat untuk mencegah 2.000 ekor sapi terjangkit penyakit jembrana.

Ia mengatakan, untuk sementara ini sebanyak 1.000 dosis vaksin jembarana bantuan dari pemerintah provinsi setempat disimpan di gudang peternakan dan kesehatan hewan daerah ini.

“Sampai sekarang kami belum mendistribusikan sebanyak 1.000 dosis vaksin jembrana dari pemerintah provinsi ini kepada sebanyak tiga pusat kesehatan hewan (Puskeswan) di daerah ini,” ujarnya.

Terkait dengan pelaksanaan vaksinasi terhadap sebanyak 1.000 ekor sapi di daerah ini, ia mengatakan, pihaknya menunggu puskeswan dan masyarakat membuat jadwal pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Sementara itu, ia menyebutkan, sekitar 100 ekor sapi yang tersebar di sejumlah wilayah di daerah ini dilaporkan mati akibat terserang penyakit jembrana selama bulan Januari 2021 sampai sekarang.

“Sebanyak 100 ekor sapi mati akibat jembara ini paling banyak di Kecamatan Ipuh lalu ada beberapa di Kecamatan Kota Mukomuko, Kecamatan Selagan Raya dan Kecamatan Teras Terunjam,” ujarnya.

Ia memastikan, sebanyak ratusan bangkai sapi yang mati akibat terserang penyakit jembrana itu telah dibakar atau dikubur agar virusnya ikut mati dan tidak menyebar menulari sapi lain. ***3***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021