Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menyebutkan sampai sekarang masih ada 14 dari 148 desa di daerah ini yang belum mengajukan penyaluran Dana Desa (DD) tahap I sebesar 40 persen.

“Dari 14 desa ini ada beberapa desa yang sudah menyampaikan kesiapannya untuk mengajukan penyaluran DD dalam beberapa hari ini,” kata Kasi Administrasi Penggunaan Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Wagimin di Mukomuko, Rabu.

Rencananya hari ini (Rabu,14/4) ada dua desa yang akan menyampaikan berkas pengajuan penyaluran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap I sebesar 40 persen kepada instansinya.

Hingga kini sudah ada sebanyak 130 desa di daerah ini yang sudah menerima Alokasi Dana Desa dan sebanyak 94 yang telah menerima penyaluran dana desa tahap I.

Dari 94 desa yang sudah menerima penyaluran dana desa tahap I, 35 desa di antaranya yang menerima penyaluran dana desa gelombang pertama kemudian 59 desa gelombang dua.

Selanjutnya ia meminta kepada belasan desa di daerah agar segera menyampaikan berkas pengajuan penyaluran dana desa tahap I kepada instansinya untuk mendapatkan verifikasi.

Target semua desa di daerah ini mencairkan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa tahap I sebesar 40 persen dalam bulan April tahun ini.

Sementara itu, sebanyak 148 desa di daerah ini pada 2021 mendapatkan dna desa sebesar Rp123,16 miliar meningkat dibandingkan dengan dana desa pada 2020 yang hanya Rp122,88 miliar.

Kemudian dari dana desa sebesar Rp123,16 miliar tersebut, ia mengatakan, setiap desa di daerah ini mendapatkan Dana Desa paling sedikit Rp600 juta dan paling banyak Rp1,5 miliar.

Penghitungan pembagian DD untuk setiap desa dari 148 desa di daerah ini, berdasarkan jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah penduduk miskin dan rasio indeks kesulitan geografis.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021