Wellington (Antara/AFP) - Maskapai penerbangan Selandia baru, Air New Zaeland, mengumumkan pada Rabu rencana mereka menyelenggarakan penerbangan untuk pernikahan sejenis yang pertama kali di negeri itu, di ketinggian 30 ribu kaki atau 9.150 meter.

Penerbangan ini bermaksud membuktikan bahwa cinta memang ada di udara.

Selandia Baru telah meloloskan undang-undang yang mengizinkan pernikahan sejenis pada April tetapi baru akan berlaku pada 19 Agustus dan petugas memperkirakan akan ada banyak pernikahan sejenis.

Air New Zaeland mengumumkan suatu lomba pada Rabu bagi pasangan sejenis yang pertamakali mengikat tali pernikahan, dengan menyediakan upacara pada penerbangan dini hari dari Queenstown menuju Auckland tepat pada 19 Agustus. Pendaftaran lomba ditutup pada 26 Juli.

Penerbangan itu mengabarkan, aktor Amerika Serikat Jesse Tyler Ferguson dari acara televisi "Modern Family" akan menghadiri pernikahan terbang-tinggi itu bersama pasangannya Justin Mikita.

"Justin dan saya sudah tergetar untuk ikut menyaksikan peristiwa bersejarah bagi Selandia Baru ini," demikian pernyataannya.

"Setelah mengadakan 'ikrar nikah',  pertalian penghormatan kita adalah mengkampanyekan kesetaraan pernikahan di AS. Sudah nyata bahwa tujuan kita adalah pernikahan di AS dan selebihnya, ini sangat berarti bagi kita."

Penerbangan itu menghadapi saingan untuk mengadakan perayaan pernikahan kaum homo dengan dua stasiun radio yang berencana menyelenggarakan acara serupa tetapi di daratan.

Petugas catatan sipil yang mengurus kelahiran, pernikahan dan kematian, Jeff Montgomery mengatakan pihaknya meningkatkan jumlah petugas pencatat pernikahan menjelang batas waktu tersebut (19 Agustus), sehingga menambah kekuatan 120 pencatat pernikahan sipil agar mereka dapat memimpin pernikahan.

"Kami mengantisipasi permohonan pernikahan sejenis yang kuat baik dari dalam negeri ataupun luar negeri, sehingga masuk akal untuk meningkatkan jumlah juru nikah,"katanya.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013