Baru 27 dari 125 desa di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, yang menerima penyaluran dana desa tahap I telah membagikan bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) bulan Januari kepada masyarakat terdampak COVID-19 di daerah ini.

“Berdasarkan pelaporan kemaren, sebanyak 27 desa yang sudah membagikan BLT-DD kepada masyarakat,” kata Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko M Fadli di Mukomuko, Senin.

Sebanyak 125 dari 148 desa di daerah ini yang telah menerima penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahap I untuk pembangunan infrastruktur desa dan untuk BLT-DD bulan Januari.

Ia menyebutkan, persentase pembagian bantuan langsung tunai dana desa bulan Januari 2021 di daerah ini masih rendah, yakni masih di angka 20 persen terhitung per hari ini.

Sedangkan jumlah keluarga warga yang telah menerima manfaat (KPM) BLT-DD sampai hari ini sebanyak 1.021 keluarga dengan total anggaran sekitar Rp306 juta untuk seluruh desa di daerah ini.

Ia mengatakan, masih ada 98 dari 125 yang sudah menerima penyaluran dana desa tahap I belum menyalurkan BLT-DD kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 di daerah ini.

Pihaknya mengimbau desa yang telah menerima penyaluran dana desa untuk segera membagikan bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD), guna membantu masyarakat terdampak COVID-19 selama bulan puasa.

Ia mengatakan, semakin cepat desa membagikan BLT-DD kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 di wilayahnya maka semakin cepat pula desa menyampaikan konfirmasi untuk menerima penyaluran dana BLT selanjutnya.

“Karena saat mereka habis menyalurkan BLT-DD, kalau dia cepat semacam ada konfirmasi lembaran konfirmasi dari desa segera disalurkan BLT-DD berikutnya,” ujarnya pula.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat ini ada 31 desa lagi di daerah ini yang akan menerima penyaluran dana desa tahap I dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) sehingga total desa yang akan menerima penyaluran dana desa tahap I mencapai 125 desa.


 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021