Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Dokter hewan Emran Kuswady memperkirakan bebek berkaki tiga milik warga di Jalan Bumi Ayu 4 Kelurahan Bumi Ayu Kecamatan Selebar Kota Bengkulu terjadi karena pembuahan ganda.
    
"Saya memperkirakan bebek berkaki tiga menetas karena terjadinya pembuahan ganda atau dua sperma bebek jantan membuahi satu sel telur bebek betina," katanya kepada reporter antarabengkulu.com, Rabu.
    
Ia menjelaskan, dari dua sperma bebek jantan yang membuahi sel telur betina, hanya satu sperma yang hidup maksimal sedangkan satu sperma lainnya tidak berfungsi atau mati.
    
"Dalam proses reproduksi normal, hanya satu sperma bebek jantan yang berhasil membuahi sel telur bebek betina. Sedangkan khusus bebek berkaki tiga terjadi karena pembuahan ganda," katanya.
    
Ia mengatakan kasus pembuahan ganda sehingga membuat bebek menetas dengan berkaki tiga tergolong jarang terjadi.
    
"Sebenarnya kaki ketiga bebek bisa dipotong, tetapi sang pemilik biasanya tidak mau dan membiarkannya karena dianggap unik," katanya.
    
Bila tetap dibiarkan, maka akan mengganggu proses reproduksi sang bebek saat berusia dewasa karena kaki ketiganya berada di sekitar ekor.
    
Bebek unik berkaki tiga milik Nurjani, menetas tujuh hari lalu di Jalan Bumi Ayu 4 Nomor 15 Kelurahan Bumi Ayu Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. Bebek unik ini menetas bersama delapan bebek lainnya dan hanya seekor yang berkaki tiga.
    
"Saya mengetahui bebek saya berkaki tiga saat akan memotong ekornya. Bagi saya ini adalah rezeki bagi keluarga," kata Nurjani.(mhe)  

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012