Bengkulu (Antara Bengkulu) - Kapal feri Pulo Tello pada Sabtu melaksanakan pelayaran terakhir dari Kota Bengkulu ke Pulau Enggano, dan akan kembali beroperasi di rute itu setelah Lebaran 1434 Hijriah, tepatnya mulai 13 Agustus 2013.

"Pelayaran terakhir untuk arus mudik lebaran ke Pulau Enggano pada hari ini, sedangkan besok dari Enggano ke Kota Bengkulu," kata Manajer Usaha dan Teknik Operasional PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Bengkulu Samiun di Bengkulu, Sabtu.

Ia mengatakan pelayaran untuk membawa penumpang ke pulau berjarak 106 mil laut dari Kota Bengkulu itu akan kembali dibuka pada 13 Agustus 2013.

Menurutnya, kapal feri Pulo Tello sudah membawa penumpang dari Pulau Enggano ke Bengkulu pada Jumat (2/8).

"Subuh tadi tiba di Bengkulu, dan sore ini langsung putar lagi ke Enggano untuk membawa pemudik yang akan berlebaran di Enggano," katanya.

Menurutnya, jumlah penumpang terbanyak adalah dari Pulau Enggano menuju Bengkulu dengan peningkatan jumlah penumpang mencapai 100 persen.

Pada pelayaran biasa, kata dia, jumlah penumpang antara 30 hingga 50 orang, namun saat arus mudik, meningkat hingga 100 persen.

Peningkatan jumlah pemudik menurut Samiun, terjadi sejak 28 Juli 2013 dan diperkirakan puncak arus mudik dari Bengkulu menuju Enggano pada Sabtu (3/8), sedangkan puncak arus mudik dari Enggano ke Bengkulu pada Minggu (4/8).

Saat ini kata dia, terdapat dua kapal yang melayani pelayaran ke Pulau Enggano. Selain feri Pulo Tello, terdapat juga kapal perintis yang beroperasi setiap 10 hari.

"Rute feri Pulo Tello hanya Bengkulu-Enggano pulang-pergi, sedangkan kapal perintis lebih luas hingga ke Padang, Sumatera Barat," katanya. (Antara)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013