Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat akan menarik personel yang berjaga di pos perbatasan daerah itu dengan provinsi lain pada Selasa (25/5).

"Hari ini terakhir mereka bertugas dan besok sudah kembali bertugas di mako masing-masing," kata Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu di Padang, Senin.

Dia mengatakan sampai hari ini tetap dilakukan penyekatan di 10 pos perbatasan yang ada di Sumatera Barat sesuai dengan instruksi pemerintah pusat yang mengeluarkan aturan larangan mudik.

"Hari ini tetap ada pembatasan larangan masuk begitu juga kemarin saat akhir pekan," kata dia.

Sebelumnya pihaknya memperpanjang masa penyekatan di perbatasan daerah itu meski Operasi Ketupat Singgalang 2021 telah berakhir pada 7 Mei 2021 dan dilanjutkan dengan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD) hingga tanggal 24 Mei 2021.

Menurut dia, dengan adanya hal itu penyekatan di wilayah perbatasan Sumbar tetap dilakukan untuk mengantisipasi warga luar provinsi yang tidak mengantongi dokumen resmi masuk.

"10 pos perbatasan masih bekerja saat ini hingga 24 Mei," kata dia.

Ia menyebutkan 10 pos tersebut berada d Kabupaten Pasaman yakni Pos Sekat Muaro Cubadak, Kecamatan Rao perbatasan dengan Sumatra Utara dan pos Sekat Mapattunggul, Kecamatan Mapat Tunggul berbatasan dengan Provinsi Riau.

Kemudian Kabupaten Pasaman Barat ada pos sekat Kampung baru Nagari Ranah Batahan. Kabupaten Limapuluh Kota di wilayah Pangkalan berbatasan dengan Provinsi Riau.

Kabupaten Pesisir Selatan yakni pos Sekat Silaut, Kecamatan Silaut berbatasan dengan Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Mukomuko dan Pos Sekat Sako, Kecamatan Rahul Tapan berbatasan dengan Provinsi Jambi, Kabupaten Kota Madya Sungai Penuh Kerinci.

Kabupaten Sijunjung yaitu Pos Sekat JTO Kamang perbatasan dengan Provinsi Riau dan di Solok Selatan yakni Pos Sekat Provinsi Kubang Gajah Perbatasan dengan Kabupaten Solok Selatan dengan Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Terakhir di Kabupaten Dharmasraya yaitu Pos Sekat Simalidu berbatasan dengan Provinsi Jambi dan Pos Sekat Sungai Rumbai berbatasan dengan Kabupaten Muaro Bungo, Provinsi Jambi.

Pewarta: Mario Sofia Nasution

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021