Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan 30 desa dari 148 desa di daerah itu telah membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa bulan ketiga secara nontunai kepada masyarakat yang terdampak COVID-19.

“Sebanyak 148 telah membagikan BLT Dana Desa bulan ketiga, sebanyak 30 desa di antaranya telah membagikan BLT secara nontunai, dan 118 desa secara tunai,” kata Kasi Administrasi Penggunaan Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Wagimin di Mukomuko, Kamis.

Menurutnya, hingga kini masih banyak desa di daerah ini yang menyalurkan BLT-DD secara tunai karena belum banyak warga yang menerima bantuan memiliki buku rekening.

Selain itu, faktor jarak tempuh desa dengan kantor bank di daerah ini terlalu jauh. Warga yang berada di wilayah ini harus mengeluarkan biaya operasional yang cukup besar untuk mengambil BLT.

Untuk itu, pihaknya tetap menyarankan kepada semua desa di daerah ini agar membagikan BLT Dana Desa secara nontunai guna menghindari kerumunan pada masa pandemi COVID-19.

Selain itu, pembagian BLT DD secara nontunai guna meringankan tugas pemerintah kecamatan dan desa karena pembagiannya melalui bank sebagai penyaluran bantuan.

Sementara itu, sebanyak 6.051 keluarga warga tergolong ekonomi miskin yang terdampak COVID-19 di 148 desa di daerah ini yang menerima manfaat BLT bulan ketiga, berkurang dibandingkan bulan sebelumnya 6.067 keluarga.

Sebanyak 148 desa di Kabupaten Mukomuko pada 2021 mendapatkan Dana Desa sebesar Rp123,16 miliar, meningkat dibandingkan dengan pada 2020 senilai Rp122,88 miliar.

Dari Dana Desa sebesar Rp123,16 miliar tahun 2021 ini, lanjutnya, setiap desa di daerah ini mendapatkan Dana Desa paling sedikit Rp600 juta dan paling banyak Rp1,5 miliar.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021