Bengkulu (Antara) - warga Bengkulu dan pendatang terhibur dengan pertunjukan sirkus dari Taman Safari Indonesia yang juga menampilkan bintang dari Moskow di Lapangan Persipa, Pagardewa, Kota Bengkulu.

"Mereka di Bengkulu sejak 25 Juli lalu, tetapi kami sengaja mengajak anak-anak setelah Lebaran untuk menontonnya," kata Yadi, warga Kota Bengkulu, Minggu.

Ia mengatakan, selain anak-anaknya juga beberap keponakan dari Kabupaten Mukomuko yang berlibur Lebaran di rumahnya.

"Memang sih sengaja mengajak keponakan yang datang dari kampung. Apalagi mereka di sana kemungkinan besar belum pernah melihat langsung pertunjukan seperti itu," katanya.

Warga lainnya Ny Harini mengatakan hal serupa bahwa sengaja mengajak anak-anaknya menonton ketika usai puasa Ramadhan sehingga bisa lebih leluasa sambil menikmati camilan serta minuman.

"Kalau sebelum Lebaran kan masih puasa, suasananya pasti berbeda. Kemarin sengaja ambil di hari Sabtu untuk mengurangi kepadatan. Tetapi ternyata cukup ramai penontonnya," katanya.

Selain sebagai hiburan ia pun mengakui pertunjukan sirkus tersebut mengandung pendidikan untuk anak-anaknya yang masih sekolah di bangku sekolah dasar dan menengah pertama.

"Di sana ada singa dari Afrika yang selama ini hanya dilihat di televisi. Kemudian, gajah meski berasal dari Sumatera tetapi anak saya belum pernah melihat secara langsung," katanya.

Pada pertunjukkan tersebut dua bintang dari Moskow menampilkan kemampuannya memainkan alat berupa kotak tanpa dinding serta simpai bagi pesirkus putri, sedangkan yang putra memainkan alat semacam roda.

Sementara satwa yang tampil selain sejumlah harimau termasuk harimau putih juga ada singa Afrika, yakni menunjukkan kemampuan melompat di dalam ring berapi.

Kemudian, beberapa ekor burung kakaktua yang mampu memasukkan bola ke gawang serta berhitung.

Sementara gajah dengan gayanya mampu duduk, mengangkat badan dengan satu kaki serta menari mengikuti irama musik yang ada.

Pertunjukkan kian menarik ketika badut tampil cukup menghibur.

Usai pertunjukkan, empat ekor gajah yang diikat di bawah tenda menjadi pusat perhatian terutama bagi anak-anak. Mereka menyempatkan berfoto dan gajah yang berjarak sekitar 10 meter dari pagar pembatas dijadikan latar belakangnya.

Panitia membuat jadwal khusus selama Lebaran yakni Jumat dan Sabtu buka pukul 14.00 WIB; 18.30 WIB; dan 20.30 WIB. Sedangkan hari MInggu buka pukul 11.00 WIB; 14.00 WIB, 18.30 WIB dan 20.30 WIB. Harga tiket masuk kelas ekonomi Rp25 ribu, kelas 1 Rp40 ribu, utama Rp60 ribu, VIP Rp100 ribu dan VVIP Rp125 ribu per orang.

*

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013