Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan peristiwa kebakaran di kawasan Pasar Muara Aman, Selasa dini hari (8/6) sekitar 00.05 WIB menyebabkan 17 rumah toko (ruko) terbakar.

Kepala BPBD Lebong Fachrurrozi saat dihubungi mengatakan, kendati dalam kejadian itu tidak memakan korban jiwa namun kerugian yang timbul diperkirakan mencapai miliaran rupiah akibat bangunan beserta barang dagangan yang hangus terbakar.

"Sejauh ini belum diketahui penyebabnya, saat ini masih dalam penyelidikan petugas Polres Lebong. Dalam kejadian ini tidak memakan korban jiwa namun jumlah kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah," kata dia.

Dia menjelaskan, dari 17 ruko yang terbakar ini sebanyak 16 unit habis terbakar dan satu unit lainnya mengalami kerusakan ringan.

Ruko yang terbakar ini, kata dia, sehari-harinya menjual aneka kebutuhan sehari-hari, kemudian rumah makan, toko obat dan perabotan rumah tangga.

Peristiwa kebakaran itu sendiri tambah dia, sudah ditinjau oleh Bupati Lebong Kopli Ansori, Kapolres Lebong AKBP Nur Ichsan serta pejabat daerah lainnya.

"Saat ini kita telah mendirikan dapur umum, sedangkan untuk penyaluran bantuan pascabencana dan lainnya akan diberikan secepatnya," terang dia.

Peristiwa kebakaran yang terjadi di kawasan Pasar Muara Aman, Kecamatan Lebong Utara ini terjadi sekitar pukul 00.05 WIB dan baru bisa dipadamkan sekitar pukul 05.00 WIB oleh empat unit PBK Kabupaten Lebong dibantu mobil water canon Polres Lebong dan satu unit mobil PBK dari Rejang Lebong. 
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021