Warga lanjut usia (lansia) asal Aceh Besar mengikuti vaksinasi COVID-19 karena keyakinan dan kepercayaannya terhadap upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19.

Anwar Silitonga (65) yang merupakan salah seorang lansia yang menetap di Gampong (Desa) Neuheun Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar, misalnya mengikuti vaksinasi karena keyakinan upaya menuju sehat terhindar dari COVID-19.

"Saya ikuti ketentuan pemerintah, apa yang dianjurkan kita turuti, ini juga untuk kesehatan kita," kata Anwar Silitonga, di Banda Aceh, Senin (7/6).

Ia mengikuti vaksinasi di SMP 9 Kota Banda Aceh setelah mendapatkan informasi dan ajakan ikut vaksinasi dari petugas kepolisian setempat.

"Ditawarkan apakah mau ikut vaksin, dan kebetulan gratis, tadi pagi saya datang ke Polsek, semua sudah berkumpul di sana, dan kita dinaikkan bus untuk dibawa ke lokasi suntik vaksin ini," ujarnya.

Anwar menyampaikan, setelah sampai di lokasi tidak merasa takut atau khawatir akan disuntik vaksin tersebut, apalagi prosesnya juga melalui pemeriksaan dan wawancara terkait kesehatan.

Meski darahnya tinggi saat ditensi, namun Anwar tetap menjalani vaksinasi karena masih dibolehkan oleh dokter yang melakukan pemeriksaan, sehingga ia tidak merasa khawatir.

"Tensi darah tinggi tapi masih dapat divaksin. Kalau takut tidak ya, kan kita ingin sehat, tapi tadi saya hanya bilang jangan dalam-dalam sekali suntiknya," kata Anwar.

Setelah divaksin, Anwar mengaku tidak merasakan efek samping apapun, ia merasa kondisi fisiknya masih tetap sama dengan sebelum divaksin.

"Alhamdulillah sudah berjalan hampir 20 menit ini tidak terasa efek apa-apa, masih aman-aman saja," ujarnya.

Mengenai kabar tentang adanya efek samping setelah divaksin, Anwar tak mau ambil pusing, karena menurutnya pemerintah sudah lebih mengetahui tentang virus ini, karenanya ia yakin dan tetap mau divaksin.

Anwar menegaskan, selaku masyarakat biasa dirinya tidak bisa mengambil kesimpulan tentang vaksinasi tersebut, selain mengikuti ketentuan pemerintah.

"Kalau diminta jaga jarak, ya kita jaga jarak, kan untuk kita sendiri, jadi apa yang dianjurkan kita turuti, karena pemerintah yang lebih tahu bagaimana COVID-19 ini," katanya.

Dalam kesempatan ini, Anwar juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memfasilitasi vaksinasi, dan ia berharap permasalahan COVID-19 ini benar-benar serius ditangani.

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021