Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan memberikan pelatihan kepada pengurus koperasi untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi mereka sehingga dapat terus bertahan di tengah pandemi COVID-19.

“Pelatihan khusus kepada pengurus koperasi untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensinya. Materi pelatihan cara membuat laporan keuangan materi strategi koperasi bertahan di masa COVID-19," kata Kepala Bidang Industri, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Hafni Diana di Mukomuko, Senin.

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah tahun 2021 mendapat dana alokasi khusus untuk mengadakan pelatihan bagi pengurus koperasi di daerah ini.

Pemerintah daerah akan memberikan pelatihan tentang cara membuat laporan keuangan dan strategi bertahan pada masa COVID-19 kepada sebanyak 58 pengurus koperasi dengan dua angkatan.

Sebanyak 29 pengurus koperasi di daerah ini akan mengikuti pelatihan angkatan pertama selama tiga hari mulai tanggal 22-24 Juni 2021, lalu 29 orang angkatan kedua pada tanggal 28-30 Juni 2021.

Pihaknya melibatkan tenaga ahli di bidangnya sebagai narasumber dalam pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas penggurus koperasi.

Ia mengatakan, menggelar pelatihan karena selama ini laporan keuangan mereka tidak tertib dalam mencatat laporan keuangan dan cacatan harian, bulanan hingga tahunan.

Setelah pelatihan diharapkan ada ketaatan dalam mencatat baik penerimaan maupun pengeluaran karena ketidaktaatan mereka itu membuat orang yang memberikan penyertaan modal dirugikan.

Selain itu, pelatihan ini membuat pengurus koperasi lebih taat dalam mencatat laporan keuangan dapat terhindar dari penggelapan.

Kemudian, katanya, dalam pelatihan ini nantinya sebanyak puluhan pengurus koperasi di daerah ini akan diberikan strategi koperasi dapat bertahan pada masa COVID-19.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021