Pekanbaru (Antara Bengkulu) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau menyatakan masa kampanye pemilihan gubernur resmi dimulai dengan ditandai penyampaian visi dan misi lima calon gubernur dalam rapat paripurna DPRD, Minggu.

"Dengan ini masa kampanye Pemilihan Gubernur (Pilgub) Riau dimulai hingga 31 Agustus," kata Ketua KPU Provinsi Riau Edi Sably pada sambutannya di Rapat Paripurna DPRD Riau.

Dalam rapat paripurna itu lima calon memamaparkan visi dan misi, kemudian secara bersama-sama mendeklarasikan Pemilu Damai dan Berkualitas yang diprakarsai oleh Polda Riau.

Setelah itu seluruh calon akan mengikuti pawai keliling Kota Pekanbaru, Edi.

Ia mengatakan, KPU Riau elah menerima 10 bakal calon gubernur untuk Pilkada Riau 2013. Dari jumlah itu, tiga diantaranya merupakan calon independen atau perseorangan, dan tujuh lainnya diusung partai politik maupun gabungan partai.

"Setelah melalui  beberapa tahapan, mulai dari administrasi maupun faktual di lapangan, akhirnya ditetapkan lima pasangan saja. Sedangkan tiga bakal calon dari jalur perseorangan tidak ada yang memenuhi syarat dukungan minimal untuk ditetapkan sebagai calon," katanya.

Ia mengatakan, lima pasangan cagub tersebut sudah ditetapkan dan mendapat nomor urut sejak 1 Juni lalu.

Pasangan cagub berdasarkan nomor urut pertama antara lain Herman Abdullah-Agus Widayat yang didukung belasan partai nonparlemen, Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rahman (Golkar dan PPP), Lukman Edi-Suryadi Khusaini (PKB dan PDI-P). Kemudian pasangan Achmad-Masrul Kasmy (Partai Demokrat dan PBR), dan Jon Erizal-Mambang Mit (PAN dan PKS). (Antara)

Pewarta: Oleh FB Anggoro

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013