Bengkulu  (ANTARA Bengkulu) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan pada 2012 akan merekrut calon tenaga penyuluh agama honorer dengan kuota sebanyak 229 orang.

"Para calon tenaga penyuluh agama honorer (PAH) itu dalam waktu dekat akan mengikuti  seleksi adminsitrasi dan tes wawancara setelah memenuhi syarat yang ditentukan panitia," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bengkulu Selatan  Yasaroh Maksum, Minggu.

Ia mengatakan, syarat menjadi calon penyuluh PAH itu relatif mudah,  hanya perlu mendapat rekomendasi dari kelompok pengajian dan kepala desa, serta kepala kantor urusan agama (KUA) setempat.

Menurut dia, mereka yang lulus akan mendapatkan honor sebesar Rp150.000 per bulan yang bersumber dari anggaran Kementerian Agama Bengkulu Selatan 2012.

"Nantinya akan dibayarkan tiga hingga enam bulan sekali melalui rekening pribadi tenaga honorer tersebut," ujarnya.

Kepala Seksi Pembinaan Masyarakat Kemenag Bengkulu Selatan H Amaludin mengatakan, untuk tenaga PAH tahun 2011 diwajibkan melengkapi lkembali berkas terutama dari jalur umum, jika tidak panitia menganggap sudah mengundurkan diri.

"Pada 2012 akan dicoba dulu tes wawancara, sehingga calon tenaga PAH itu betul-betul siap terjun ke lapangan," katanya.

Ia mengatakan, mulai 2012 perekrutan calon PAH tidak melibatkan sebelas kepala kantor urusan agama karena tahun sebelumnya banyak laporan bahwa nama PAH itu diduga fiktif.

Hal itu bertentangan dengan target dan sasaran PAH, kebanyakan hanya mengejar surat keputusan sebagai syarat mendapat perpanjangan tugas sehingga dapat diangkat menjadi PNS melalui jalur khusus di lingkungan Kemenag. (Z005/E005)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012