Kegiatan vaksinasi massal yang digelar Polda Bengkulu di 174 titik dalam rangka satu juta dosis per hari yang digagas Mabes Polri berhasil menyasar 33 ribu orang di Bengkulu.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno di Bengkulu, Minggu mengatakan, capaian tersebut jauh melampaui target yang ditetapkan yaitu 8.772 orang.

"Kami melihat kemarin itu masyarakat begitu antusias mengikuti kegiatan vaksinasi sehingga melebihi dari target yang telah ditetapkan. Ini capaian yang luar biasa," kata Sudarno.

Capaian terbanyak dari pelaksanaan vaksinasi massal yang dilakukan secara serentak oleh jajaran Polda Bengkulu, Sabtu (26/06) yaitu di Kabupaten Bengkulu Tengah yang mencapai 6.446 orang, kemudian disusul Kota Bengkulu sebanyak 5.439 orang,

Sedangkan daerah dengan angka paling sedikit yaitu di Kabupaten Mukomuko yang hanya 1.171 orang dan Kabupaten Lebong sebanyak 1.367 orang.

Pelaksanaan vaksinasi massal ini melibatkan 1.127 vaksinator yang terdiri dari 125 orang vaksinator dari Polri, 20 orang dari TNI dan 982 orang dari Dinas Kesehatan kabupaten dan kota se Provinsi Bengkulu.

"Untuk wilayah Kota Bengkulu sendiri lokasi atau titik yang menjadi pusat vaksin gratis ini mencakup Mako Brimob Surabaya, Lapangan Golf, Balai Buntar, RRI Bengkulu, Mako Pol Air, Masjid Jamik, Bencollen Mall dan beberapa tempat lainnya," ucap Sudarno.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengatakan secara keseluruhan capaian vaksinasi di Bengkulu mencapai 38,70 persen untuk dosis I atau sebanyak 118,095 peserta, dan baru 18,49 persen untuk dosis II atau sebanyak 56,405 peserta.

"Adapun jumlah target vaksin tahap I dan II yang meliputi tenaga kesehatan, lansia dan petugas publik ini adalah 305,116 peserta. Kita yakin cakupan vaksinasi kita akan terus bertambah," demikian Herwan.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021