Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sebanyak 24 desa di daerah ini yang mengajukan penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahap dua sebesar 40 persen.

"Sudah ada 24 desa di daerah ini yang mengajukan penyaluran dana desa tahap kedua," kata Kasi Administrasi Penggunaan Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Wagimin di Mukomuko, Jumat.

Wagimin mengatakan hal itu setelah menerima daftar desa yang mengajukan berkas pengajuan tahap II Dana Desa dan Alokasi Dana Desa tahun 2021 sejak beberapa hari terakhir.

Ia menyatakan, instansinya telah meminta agar semua pemerintah desa di daerah ini segera mengajukan penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahap dua sebesar 40 persen.

Kemudian pihaknya telah menyurati camat terkait penyaluran APBDes tahap dua tahun ini untuk diteruskan ke desa, agar desa segera mengajukan penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahap dua.

Ia menjelaskan, bagi desa yang realisasi penyerapan dana desa sampai dengan tahap I paling sedikit 50 persen dan rata-rata capaian keluaran menunjukkan paling sedikit 35 persen, maka desa dapat mengajukan penyaluran dana desa tahap dua.

Selain itu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa juga melakukan kegiatan pembinaan untuk percepatan pengajuan dana desa dan persiapan perubahan APBDes tahun ini sekaligus perencanaan tahun 2022.

“Kami melakukan kegiatan pembinaan karena kewajiban dinas melakukan pembinaan berkaitan dengan dana desa sekaligus pembinaan siskudes,” ujarnya.

Sementara itu, sebanyak 148 desa di daerah ini pada 2021 mendapatkan dana desa sebesar Rp123,16 miliar meningkat dibandingkan dengan dana desa pada 2020 sebesar Rp122,88 miliar.

Kemudian dari dana desa sebesar Rp123,16 miliar tersebut, ia mengatakan, setiap desa  mendapatkan dana desa paling sedikit Rp600 juta dan paling banyak Rp1,5 miliar.

Penghitungan pembagian dana desa untuk 148 desa di daerah ini, berdasarkan atas jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah penduduk miskin dan rasio indeks kesulitan geografis.***1***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021