Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sebanyak 39 pasien COVID-19 di daerah itu dinyatakan selesai menjalani isolasi atau dinyatakan sembuh.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Syamsir dalam keterangan tertulisnya di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan kasus penyebaran COVID-19 di wilayah itu terhitung sejak Juni 2020 lalu hingga saat ini sudah mencapai 1.327 kasus.

"Hari ini ada penambahan satu kasus terkonfirmasi positif, kemudian untuk pasien yang dinyatakan selesai menjalani isolasi atau sembuh ada 39 orang sehingga sampai sekarang jumlahnya menjadi 1.173 orang. Kemudian 26 kasus meninggal dunia dan 128 kasus masih dalam pengawasan," kata dia.

Dia mengatakan, semakin banyaknya pasien yang dinyatakan sembuh ini merupakan berita yang positif sehingga diharapkan nantinya semua warga yang terpapar tersebut bisa kembali pulih.

Adapun 39 kasus yang selesai menjalani isolasi ini, kata dia, antara lain delapan orang dari Kecamatan Curup Timur, delapan orang dari Kecamatan Curup Selatan. Selanjutnya 13 orang dari Kecamatan Curup Tengah, tiga orang dari Kecamatan Curup.

Kemudian empat orang dari Kecamatan Curup, satu orang dari Kecamatan Bermani Ulu dan dua orang lainnya dari Kecamatan Selupu Rejang.

Sementara itu, untuk sebaran kasus aktif yang berjumlah 128 kasus, di mana kalangan pasien ini masih menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing maupun perawatan di rumah sakit dengan sebaran asal dari 41 desa/kelurahan di 13 kecamatan.

Dia menambahkan, untuk data jumlah suspek tercatat sebanyak 557 kasus dan jumlah suspek di isolasi sebanyak 20 kasus. Kemudian jumlah sampel yang diperiksa sebanyak 4.675 spesimen.

Kembali dirinya mengimbau masyarakat daerah itu untuk selalu mematuhi protokol kesehatan 5M dengan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, kemudian rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, selalu menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.***3***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021