Bengkulu (Antara Bengkulu) - Bupati Musi Rawas Sumatera Selatan Ridwan Mukti dan Wakil Bupati Lahat Sumsel Sukadi Duadji akan ikut meramaikan bursa calon Gubernur Bengkulu periode 2015 - 2020.

"Saya mendapat kabar calon tersebut akan ikut pertarungan pada Pilkada Bengkulu, bahkan telah membentuk tim sukses," kata pengamat politik dari Universitas Bengkulu Drs Lamhir Syam Sinaga MSi mengungkapkan di Bengkulu, Sabtu.

Menurut Lamhir, kedua calon tersebut nantinya bisa menjadi saingan kuat bagi putera daerah yang ikut mencalonkan diri sebagai Gubernur Bengkulu.

"Dua bupati dari Provinsi Sumatera Selatan itu mempunyai kans kuat walaupun sebelumnya tidak mengabdi di Bengkulu, mereka mempunyai jejaring yang kuat," kata dia.

Ridwan Mukti, kata dia, di Bengkulu memiliki jaringan primodial yang besar akan menjadi kantong suara baginya.

"Dia merupakan putera dari suku Rejang, salah satu suku di Bengkulu, dengan itu dia dapat menghimpun basis massa, selain itumempunyai rekam jejak yang bagus ketika memimpin Kabupaten Musi Rawas," kata Lamhir.

Lebih lanjut, Ridwan berhasil mengubah Kabupaten Musi Rawas menjadi daerah yang maju di jalur lintas Sumatera.

Sedangkan Sukadi Duadji, manurut dia, yang bergerak di bisnis pertambangan akan menawarkan sektor ekonomi yang bagus untuk Provinsi Bengkulu karena memiliki jaringan bisnis yang luas.

"Dia merupakan salah seorang pengusaha besar di sektor tambang batubara, dan Bengkulu mempunyai sumber daya alam itu, bukan tidak mungkin jika dia memimpin maka mampu merealisasikan jalur kereta api yang nantinya menjadi andalan provinsi ini," kata dia menjelaskan.

Sementara itu mengenai peluang putera daerah dalam ajang pemilihan gubernur daerah itu, menurutnya, enam kepala daerah akan ikut berpartisipasi pada pemilihan tersebut.

"Kalau kita melihat peta politik saat ini yang berpeluang akan maju adalah Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah, Wakil Gubernur Bengkulu Sultan B Najamudin, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan, Bupati Muko-muko Ichwan Yunus, BupatiKepahiang Bando Amin C Kader, serta Bupati Bengkulu Utara Imron Rosadi," ungkapnya.

Lebih lanjut Lamhir berprediksi, putera daerah yang mempunyai kans untuk memenangkan persaingan cagub adalah Bupati Bengkulu Utara Karena memiliki jaringan kesukuan dan juga merupakan seorang pengusaha.

"Kalau Wali Kota Bengkulu saya belum melihat minatnya untuk ikut pemilihan, namun dorongan ke sana dari pihak tertentu ada," ujarnya. (Antara)

Pewarta: Oleh Boyke LW

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013