Peserta vaksinasi COVID-19 massal untuk anak usia 12-17 tahun di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Mohammad Hosein Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu, membludak karena melebihi kuota yang ditetapkan.

Direktur Utama RSUP dr Mohammad Hoesin Palembang Eko Sunaryanto di Palembang, Sabtu, mengatakan RSUP Dr Mohammad Hosein Palembang terpaksa membatasi kegiatan vaksinasi tahap pertama hanya mencakup 1.100 orang karena jumlah peserta yang mendaftar melebihi kuota yang ditetapkan yakni 3.086 orang.

Setelah ditelusuri oleh petugas kesehatan ternyata bukan hanya anak-anak yang mendaftarkan diri melainkan ada juga para orang dewasa.

Akibatnya, tempat vaksinasi dipadati peserta hingga berdesakan.

Kondisi ini membuat pihak rumah sakit kesulitan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

“Kami sangat menyayangkan peristiwa ini di luar perkiraan ini. Padahal agenda vaksinasi ini khusus bagi anak-anak dan sudah disosialisasikan kepada masyarakat untuk memperingati hari anak nasional,” kata dia.

Atas kejadian ini, RSUP membatasi hanya 1.100 orang yang dapat disuntik vaksin pada kesempatan tersebut. Lalu untuk 1.986 orang anak pendaftaran lainnya dijadwalkan ulang pada Senin - Jumat pada pekan depan dari pukul 08.00 - 15.00 WIB.

"Untuk usia dewasa diatas 18 tahun harap bersabar, semua akan agenda sendiri," kata dia.

Pewarta: Dolly Rosana

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021