Sebanyak empat kelompok tani di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu yang mendapatkan kegiatan pembangunan empat ruas jalan usaha tani pada 2021 telah menerima penyaluran dana tambahan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 100 persen.

“Dana pembangunan jalan usaha tani yang bersumber dari dana tambahan PEN sudah masuk rekening empat kelompok tani daerah ini sebesar 100 persen, yakni sebesar Rp400 juta, namun pencairannya ditunda karena bank tutup sementara karena ada karyawan positif COVID-19,” kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Ali Mukhibin, di Mukomuko, Selasa.

Kabupaten Mukomuko tahun ini mendapatkan anggaran tambahan PEN Rp400 juta untuk membangun jalan usaha tani di empat titik yang tersebar di sejumlah kecamatan yang menjadi sentra tanaman pangan di daerah ini.

Ia mengatakan seharusnya pencairan anggaran pembangunan jalan usaha tani sejak beberapa hari yang lalu tetapi ditunda karena karyawan bank di daerah ini terpapar COVID-19.

Sebanyak empat kelompok tani yang tersebar di Desa Tanjung Alai, Desa Lubuk Pinang, Desa Sumber Makmur, dan Desa Lubuk Bangko mengerjakan pembangunan jalan usaha tani tersebut secara swakelola.

Ia mengatakan kemungkinan pencairan anggaran tambahan PEN untuk pembangunan empat ruas jalan usaha tani di daerah ini setelah pihak bank di daerah ini buka atau kembali melayani masyarakat.

Instansinya sejak beberapa waktu yang lalu sudah membuat perencanaannya seperti pengukuran lokasi untuk pembangunan empat ruas jalan di daerah ini.

"Kegiatan yang berhubungan dengan pembangunan jalan baru seperti perencanaan dan pengukuran sudah semua," ujarnya.

Untuk tahap awal, daerah ini akan mendapatkan anggaran pembangunan jalan usaha tani di empat dari enam titik yang tersebar di sejumlah wilayah setempat.

Daerah ini akan mendapatkan penambahan pembangunan jalan usaha tani di dua titik, namun belum ditetapkan lokasi pembangunannya.

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021