Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, membagikan daging hewan kurban untuk warga di daerah itu yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman) lantaran terpapar COVID-19.

Kepala Kemenag Rejang Lebong H Nopian Gustari di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan pihaknya pada tahun ini melakukan penyembelihan hewan kurban sebanyak 14 ekor yang terdiri dari 12 sapi, satu ekor kerbau dan satu ekor kambing.

"Daging hewan kurban ini kita bagikan kepada tokoh agama, pensiunan Kemenag, Pondok pesantren, madrasyah, pengurus ormas Islam dan juga warga yang tengah menjalankan isolasi mandiri atau isoman, atau masyarakat yang tidak bisa melakukan aktivitas keluar rumah," kata dia.

Dia mengatakan, penyembelihan hewan kurban tersebut baru mereka laksanakan pada hari ketiga Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah, di mana penyembelihannya dilakukan oleh petugas jagal dan karyawan Kemenag di halaman kantor Kemenag setempat.

Daging hewan kurban yang berasal dari pegawai Kemenag daerah itu, kata dia, selanjutnya didistribusikan ke 15 kecamatan di Rejang Lebong, daging hewan kurban ini didistribusikan langsung ke rumah-rumah penerimanya.

"Total ada 1.735 kantong daging kurban yang kita bagikan merata di 15 kecamatan, satu kecamatan mendapat alokasi sebanyak 158 kantong. Dagingnya diantar langsung oleh petugas, ini dilakukan guna mencegah terjadinya kerumunan," terangnya.

Penyembelihan hewan kurban yang dilakukan jajaran Kemenag Rejang Lebong pada tahun ini, tambah dia, lebih banyak dari tahun sebelumnya sebanyak 10 ekor.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021