Mukomuko (Antara Bengkulu) - Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menjamin ketersediaan hewan kurban pada Idul Adha 1434 Hijriah di daerah itu.

"Berdasarkan data dari Petugas Peternakan Kecamatan (PPK) kebutuhan hewan untuk kurban tahun diperkirakan 1.000 ekor terdiri atas 700 sapi dan 300 kambing," kata Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Elxandi, di Mukomuko, Jumat.

Menurut dia, perkiraan kebutuhan hewan kurban pada Idul Adha 2013 itu lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah ternak milik peternak yang dipersiapkan sebanyak 2.000 ekor.

Kendati demikian, kata dia, pihaknya tetap menyiapkan hewan kurban lebih banyak dari kebutuhan warga saat Idul Adha untuk mengantisipasi penjualan ternak ke luar daerah itu.

Ia menjelaskan, dengan tersedianya hewan untuk kurban di daerah itu, warga setempat tidak perlu lagi bersusah payah membeli hewan dari luar daerah untuk merayakan Idul Adha.

Menurut dia, kesehatan hewan dari daerah ini rutin diperiksa oleh petugas peternakan dan dokter hewan. Petugas tetap akan memeriksa kembali ternak yang akan dikurbankan pada pada H-3 Idul Adha.

"Karena petugas terbatas, satu orang dokter hewan dibantu petugas mengawasi dan memeriksa kesehatan hewan di lima kecamatan di daerah ini," katanya. (Antara)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013