Desa Belitar Seberang Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, berhasil masuk 100 besar dalam penilaian anugerah desa wisata 2021 yang dilaksanakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sekretaris Dinas Pariwisata Rejang Lebong Achmed Chalid di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi sebelumnya bersama dengan empat desa lainnya di Provinsi Bengkulu lolos dalam seleksi 300 besar, namun kemudian yang berhasil masuk 100 besar tersisa dua desa lagi salah satunya dari Rejang Lebong.

"Desa Belitar Seberang ini satu-satunya desa wisata perwakilan dari Kabupaten Rejang Lebong, sedangkan desa lainnya belum siap. Desa Belitar Seberang saat ini sudah lolos di 100 besar dan kita doakan bisa masuk ke tahapan selanjutnya," kata dia.

Dia menjelaskan, Desa Belitar Seberang merupakan salah satu desa wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Desa ini memiliki peluang lebih karena potensi air terjun Tri Sakti yang ada di desa ini cukup indah dan pemandangannya masih asri.

Desa Belitar Seberang kata dia, merupakan satu dari 21 desa wisata yang telah dibentuk di Kabupaten Rejang Lebong terhitung sejak 2019 hingga 2020 lalu.

Sementara itu, Kepala Desa Belitar Seberang Kasiyadi di tempat terpisah mengatakan, pihaknya mengharapkan dukungan dari masyarakat Kabupaten Rejang Lebong dan Provinsi Bengkulu agar desa yang dipimpinnya itu masuk dalam nominasi anugerah desa wisata 2021.

"Dari lima desa di Provinsi Bengkulu yang semula masuk 300 besar saat ini tinggal Desa Belitar Seberang dan Desa Batu Ampar Kepahiang yang bertahan di 100 besar," kata dia.

Sebelumnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengumumkan 300 besar desa wisata dari 34 provinsi di Tanah Air bertarung untuk mendapatkan anugerah desa wisata 2021, di mana dari jumlah itu lima desa berasal dari Provinsi Bengkulu antara lain Desa Rindu Hati dan Desa Penembang dari Kabupaten Bengkulu Tengah.

Kemudian Desa Batu Ampar dan Desa Tangsi Duren Kabupaten Kepahiang, serta Desa Belitar Seberang dari Kabupaten Rejang Lebong.***1***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021