Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, merencanakan pembentukan dua desa wisata baru yang akan menambah jumlah desa wisata di wilayah itu.

Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong Upik Zumratul Aini di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan saat ini jumlah desa wisata yang sudah terbentuk sejak 2019 hingga awal 2021 telah mencapai 21 desa.

"Ada dua desa yang disiapkan untuk dijadikan desa wisata baru di Kabupaten Rejang Lebong pada tahun 2022, kedua desa ini ialah Desa Dusun Sawah di Kecamatan Curup Utara dan Desa Cawang Lama di Kecamatan Selupu Rejang," kata dia.

Dia menjelaskan, kedua desa yang disiapkan untuk desa wisata ini memiliki potensi yang bisa diandalkan sehingga bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang ada di Rejang Lebong.

Potensi wisata yang dimiliki Desa Dusun Sawah adalah lokasi wisata alam Bukit Basah yang dari atas puncaknya, pengunjung dapat memandang keindahan Kota Curup dan dan sekitarnya.

Sedangkan, Desa Cawang Lama saat ini mulai ramai dikunjungi orang, lantaran keberadaan Sungai Musi di kawasan ini cukup jernih dengan bebatuan besar serta pemandangannya masih cukup asri. Biasanya, para pengunjung ke tempat ini untuk mandi maupun melakukan swafoto.

Sebelumnya, Dispar Rejang Lebong telah mendirikan 21 desa wisata yang bertujuan untuk mengembangkan kualitas lingkungan dan potensi kebudayaan serta wisata yang ada di desa wisata.

Keberadaan desa wisata juga untuk menjamin agar tata kehidupan, seni dan budaya masyarakat desa, maupun memanfaatkan potensi lingkungan dan memotivasi masyarakat kegiatan kepariwisataan di daerah masing-masing.

Pembentukan desa wisata ini dilakukan berdasarkan SK Bupati Rejang Lebong sehingga legalitasnya diakui, dengan pembentukannya dilakukan bertahap setiap tahunnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021