Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, hingga saat ini telah melakukan pemeriksaan sampel tes usap atau swab warga daerah itu sebanyak 8.941 spesimen.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Syamsir di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan penyebaran COVID-19 di wilayah sejak kasus pertama pada Juni 2020 lalu hingga saat ini mencapai 3.402 kasus, di mana sebanyak 3.288 kasus dinyatakan sembuh, 68 kasus meninggal dunia dan 46 kasus masih dalam pengawasan.

"Jumlah sampel tes swab warga Kabupaten Rejang Lebong yang sudah diambil dan kemudian diperiksa di laboratorium mencapai 8.941 spesimen dengan hasil sebanyak 3.402 sampel dinyatakan positif dan 5.539 sampel dinyatakan negatif," kata dia.

Dia menjelaskan, pemeriksaan sampel virus corona ini dilakukan di laboratorium yang ada di Kota Palembang, Sumsel, kemudian di Labkesda Provinsi Bengkulu serta Laboratorium PCR RSUD Curup Kabupaten Rejang Lebong.

Pengambilan sampel tes swab ini, kata dia, dilakukan saat proses tracing atau penelusuran kasus terkonfirmasi positif yang dilakukan kepada kontak erat masing-masing penderita maupun mereka yang mengalami gejala terpapar virus mematikan itu.

Sementara itu perkembangan penyebaran kasus COVID-19 di Kabupaten Rejang Lebong beberapa waktu belakangan, kata dia, mulai menunjukkan penurunan hal ini terbukti dari banyaknya sampel yang diperiksa di laboratorium yang dinyatakan positif cukup sedikit.

"Pada hari ini ada satu kasus dinyatakan terkonfirmasi positif, saat ini yang bersangkutan sedang melakukan isolasi mandiri. Selain ada penambahan satu kasus terkonfirmasi positif, pada hari ini juga ada 10 kasus dinyatakan selesai konfirmasi isolasi atau sembuh," terangnya.

Pasien yang dinyatakan sembuh ini terdiri dari lima orang dari Kecamatan Curup Tengah, empat orang dari Kecamatan Curup Timur serta satu orang lagi dari Kecamatan Curup.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021