Mukomuko (Antara Bengkulu) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mendorong terciptanya sekolah adiwiyata di daerah itu, yakni sekolah yang peduli terhadap lingkungan hidup.

"Di SMA Negeri 3 sudah menjadi sekolah adiwiyata, diharapkan sekolah lain dapat belajar dari sekolah itu," kata Kabid Pendidikan Sekolah Menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Dasman, di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan, SMA Negeri 3 ditetapkan oleh dinas sebagai sekolah adiwiyata karena lingkungan di sekitar sekolah tersebut bersih dan hijau dengan berbagai jenis tanaman.

"Suasana di sekolah itu terasa sangat nyaman dan teduh dengan berbagai tanaman yang tumbuh di sekitarnya sehingga siswa betah berada ke sekolah selain memberikan dampak positif terhadap kesehatan," katanya.

Ia berharap, dengan adanya sekolah adiwiyata di daerah itu, sekolah lain dapat mencontoh dengan datang langsung ke SMA Negeri 3 untuk melihat gambaran sekolah adiwiyata.

Dan, kata dia, beberapa sekolah di daerah itu sudah mulai melakukan kegiatan penghijauan berupa penanaman berbagai jenis tanaman di lingkungan sekolahnya.

Ia menjelaskan, menciptakan sekolah adiwiyata itu sangat penting untuk kesehatan orang yang berada di sekolah.

Kabid Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat Apani mengatakan tidak hanya tingkat SMA saja di daerah itu yang telah memiliki sekolah adiwiyata tetapi jenjang SD dan SMA juga ada sekolah adiwiyata.

"Ada satu SD dan satu SMA di daerah ini yang telah ditetapkan sebagai sekolah adiwiyata dan dua sekolah itu akan menjadi contoh bagi sekolah lain untuk menerapkan hal yang sama," ujarnya lagi.(ant)

Pewarta:

Editor : Ferri Aryanto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013