Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membagikan alat mesin pertanian untuk pengolah tanah atau kultivator dari pemerintah pusat kepada kelompok tani di daerah ini.
 
"Begitu alat mesin pertanian itu tiba di daerah ini langsung dibagikan kepada kepada dua kelompok tani yang tersebar di daerah ini," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat.
 
Sebanyak dua kelompok tani yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini tahun 2021 mendapatkan bantuan alat mesin pertanian untuk pengolah tanah lahan pertanian atau kultivator dari pemerintah pusat.
 
Ia menyebutkan, sebanyak dua kelompok tani ini, yakni Kelompok Tani Bangun Jaya di wilayah satuan pemukiman (SP) X dan Kelompok Tani Wanita Usaha di Kecamatan Selagan Raya.
 
Ia mengatakan, dua kelompok tani yang melakukan aktivitas di bidang tanaman pangan dan hortikultura di daerah ini mendapatkan bantuan ini berdasarkan usulan melalui e-proposal.
 
"Dua kelompok tani ini tahun sebelumnya menyampaikan proposal usulan secara elektronik kepada pemerintah pusat, baru tahun ini kelompok tani mendapatkan bantuan tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah memberikan bantuan alat mesin pertanian ini guna meringankan pekerjaan kelompok tani dalam melakukan pengolahan tanah yang digunakan untuk tanaman pangan dan hortikultura.
 
Selanjutnya ia menyarankan kepada dua kelompok tani yang telah menerima bantuan kultivator dari pemerintah pusat ini agar menjaga dan merawatnya agar alat tersebut bisa bertahan lebih lama.
 
Kemudian dia juga meminta kepada dua kelompok tani ini untuk melaporkan kondisi alat mesin pertanian tersebut secara periodik kepada dinas ini.
 
"Banyak kelompok tani yang menerima bantuan alat mesin pertanian sebelumnya yang tidak melaporkan kondisi alat mesin pertanian ini, untuk itu kami minta dua kelompok tani ini melaporkan kondisi alat mesin pertanian secara periodik minimal enam bulan sekali," ujarnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021