Bengkulu (Antara Bengkulu) - Kapal pesiar yang membawa 97 orang turis asal Australia dan Inggris dijadwalkan menyinggahi sejumlah objek wisata di Kota Bengkulu.

"Kapal mereka akan merapat di Pelabuhan Pulau Baai besok (18/10)," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Hasanudin, di Bengkulu, Kamis.

Sejumlah objek wisata alam yang ditawarkan untuk dikunjungi antara lain Pantai Panjang, Pantai Jakat dan lainnya. Sedangkan objek wisata sejarah antara lain Benteng Marlborough, Rumah Pengasingan Bung Karno, dan Rumah Fatmawati.

"Mereka seperti `city tour` karena hanya satu hari di Kota Bengkulu dan lagsung melanjutkan perjalanan," ujarnya.

Meski demikian, dengan kunjungan singkat para turis itu diharapkan menjadi momen untuk memperkenalkan wisata Bengkulu. Ia mengatakan kunjungan wisatawan asing tersebut menjadi kesempatan bagi Bengkulu agar lebih dikenal meskipun hanya dijadikan persinggahan.

Kesempatan tersebut juga akan dimanfaatkan untuk mengenalkan objek-objek wisata yang ada di sembilan kabupaten lainnya di daerah ini.

Sesuai target pemerintah daerah, sebanyak 5.000 orang wisatawan asing dan domestik yang mengunjungi Bengkulu pada 2014. "Kami menetapkan target 5.000 pengunjung per tahun, kami berharap tahun depan bisa terealisasi," katanya.

Untuk itu, pemda terus meningkatkan promosi objek-objek wisata unggulan daerah, terutama wisata alam dan sejarah. Berbagai agenda tingkat nasional kata dia juga sudah dihelat, seperti Festival Bumi Rafflesia, Festival Pesisir Bengkulu dan pada November 2013 akan digelar Festival Tabot. (Antara)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013