Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menyebutkan bahwa sekira 2.500 masyarakat di Pulau Enggano Kabupaten Bengkulu Utara akan divaksinasi. 

"Pelayanan vaksinasi mulai dibuka hari ini dan ditargetkan tuntas dalam dua hari," kata Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu Herwan Antoni di Bengkulu, Senin.

Ia menambahkan untuk hari ini pihaknya membuka pelayanan di tiga titik dan esok (28/09) akan terpusat di satu titik. 

Untuk jenis vaksin yang dikirim ada berbagai jenis seperti Sinovac yang disarankan untuk pelajar, kemudian vaksin Moderna, Astra Zaneca dan Cinofarm untuk masyarakat umum sesuai dengan permintaan dan stok vaksin yang tersedia. 

Terkait vaksin, Herwan mengatakan pihaknya telah mengirim vaksin ke Pulau Enggano pada Sabtu (25/09) dengan menggunakan kapal laut.

Herwan menegaskan bahwa segala jenis vaksin yang tersedia dapat digunakan oleh masyarakat umum dan petugas kesehatan tidak boleh membeda-bedakan jenis vaksin kepada masyarakat. 

"Semuanya aman, dijamin kehalalannya dan resiko terpapar COVID-19 kecil jika telah divaksinasi," ujarnya. 

Lanjut Herwan, masyarakat diminta untuk tidak ragu memanfaatkan kesempatan mendapatkan vaksinasi guna mencegah penyebaran COVID-19. 

Selain itu, pihaknya juga mengejar cakupan vaksinasi hingga 70 persen di Provinsi Bengkulu hingga Desember mendatang agar tercapai tingkat pengendalian COVID-19. 

Saat ini angka vaksinasi di Provinsi Bengkulu untuk dosis pertama yaitu 27 persen dan untuk dosis kedua sekitar 21 persen.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021