Mukomuko (Antara Bengkulu) - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Rosna Ichwan, minta Dinas Kesehatan setempat melakukan pengasapan nyamuk aedes aegypti penyebab demam berdarah dengue di pemukiman penduduk di daerah itu.

"Masyarakat banyak yang melapor kepada kami meminta dilakukan pengasapan di wilayahnya karena nyamuk sekarang semakin banyak," kata Rosna Ichwan, di Mukomuko, Sabtu.

Ia berharap, laporan dari masyarakat tersebut secepatnya ditindaklanjuti oleh Dinas Kesehatan setempat dengan melakukan kegiatan pengasapan secara merata di semua pemukiman penduduk.

Ia mengatakan, seharusnya masyarakat itu langsung melapor kepada Dinas Kesehatan agar laporan mereka cepat ditindaklanjuti dengan melakukan pencegahan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Lain kali kami minta masyarakat malaporkan langsung ke Dinas Kesehatan agar cepat ditangani," katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Sabrin mengatakan, dinas saat ini rutin melakukan pengasapan untuk memberantas sarang nyamuk terutama di wilayah yang ada penderitanya.

"Beberapa kecamatan sudah berjalan kegiatan pengasapan seperti di Lubuk Sanai dan Penarik," katanya.

Ia memastikan, kegiatan pengasapan nyamuk terus berlanjut di daerah itu dengan tujuan agar jentik nyamuk mati.

Terkait laporan masyarakat agar dilakukan pengasapan di wilayahnya, menurut dia, itu karena ada tiga orang yang terserang DBD tahun ini, sehingga mereka khawatir terserang lagi penyakit tersebut.

"Kita tetap lakukan pengasapan dan yang lebih penting masyarakat juga harus menjaga kebersihan lingkungan," ujarnya lagi.(ant)

Pewarta:

Editor : Ferri Aryanto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013