Wakil Bupati Rejang Lebong Hendra Wahyudiansyah menyatakan kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) menjadi garda terdepan pembentukan keluarga berkualitas di wilayah itu.

"PKK hendaknya tahu dan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas, baik itu dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi, dan lingkungan hidup," katanya usai menghadiri kegiatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK 2021 di Kabupaten Rejang Lebong di Ruang Pola Pemkab Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Senin.

Dia menjelaskan keluarga berkualitas mampu memenuhi kebutuhan keluarga dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitarnya, seperti berkebun di pekarangan dengan menanam berbagai tanaman sayuran dan obat-obatan, serta pemenuhan sumber protein dari usaha peternakan atau perikanan.

Ia mengatakan peran PKK dibutuhkan dalam upaya membantu pemerintah pusat dan daerah untuk menangani masalah kekerdilan, lingkungan, moral, serta penyebaran COVID-19.

Dengan adanya kegiatan HKG PKK 2021, dia berharap para kader PKK di Rejang Lebong mulai dari tingkat desa/kelurahan hingga tingkat kabupaten dapat mewujudkan 10 Program Pokok PKK.

Ketua Umum TP PKK Kabupaten Rejang Lebong Hartini Syamsul Effendi mengatakan peringatan HKG PKK Ke 49 Tahun 2021 di daerah itu diisi dengan berbagai kegiatan, seperti pengukuhan Bunda PAUD, integritas posyandu, dan bakti sosial.

"Diharapkan PKK mulai tingkat desa dan kelurahan, tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten dapat menjalankan, mengikuti, dan melaksanakan 10 Program Pokok PKK. Untuk menjalankan setiap program ini, kami mohon dukungan 'leading sector', mitra kerja, dan pihak lainnya," kata dia.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021