Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan 122 desa di daerah itu saat ini telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) hingga September 2021.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Rejang Lebong Suradi Rifai di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan jumlah keluarga penerima manfaat atau KPM penerima BLT-DD di wilayah itu tercatat sebanyak 4.260 orang dengan total pembayaran per bulannya mencapai Rp1,278 miliar.

"Sebanyak 122 desa di Kabupaten Rejang Lebong saat ini sudah menyalurkan BLT yang bersumber dari dana desa terhitung bulan ke satu sampai dengan bulan ke sembilan atau bulan September," kata dia.

Penyaluran BLT-DD di wilayah itu mendapat apresiasi dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Curup yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu yakni Rejang Lebong, Kepahiang dan Lebong karena tercatat sebagai daerah tercepat yang selesai menyalurkannya.

Dengan selesainya penyaluran BLT-DD hingga bulan ke sembilan (September) ini, kata dia, maka 122 desa di Rejang Lebong sudah bisa mengajukan penyaluran untuk bulan ke 10 (Oktober) sampai bulan ke 12 atau Desember nanti.

Penyaluran BLT dana desa itu sendiri disalurkan melalui masing-masing desa yang menerimanya, setiap KPM menerima bantuan tunai senilai Rp300.000 untuk satu tahun anggaran di mana penyalurannya diawasi oleh petugas TNI/Polri dan pihak lainnya.

"Jumlah penerima BLT dana desa di Kabupaten Rejang Lebong saat ini sebanyak 4.260 KPM dengan total anggaran satu tahunnya mencapai Rp15.336.000.000, atau per bulan sebesar Rp1.278.000.000," demikian Suradi.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021