Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mengawasi empat pasien COVID-19 di daerah itu yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Saat ini jumlah pasien yang masih berstatus dalam pengawasan petugas kesehatan ada empat orang, jumlah ini berkurang tiga orang dari sebelumnya karena dinyatakan sudah sembuh," kata Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Syamsir di Rejang Lebong, Rabu.

Dia menjelaskan secara akumulasi kasus penyebaran COVID-19 di Rejang Lebong terhitung sejak kasus pertama pada Juni 2020 hingga saat ini mencapai 3.454 kasus, di mana 3.381 kasus dinyatakan sembuh, 69 kasus meninggal dunia, dan empat kasus masih dalam pengawasan.

Jumlah kasus aktif di Rejang Lebong berkurang tiga kasus setelah dinyatakan selesai menjalani konfirmasi atau sembuh yakni kasus 3.448 dari Kecamatan Selupu Rejang dan dua orang lainnya berasal dari Kecamatan Curup Timur terdiri atas kasus 3.449 dan 3.450.

Sejauh ini, kasus penyebaran COVID-19 di wilayah itu, terus mengalami penurunan yang cukup signifikan, kendati demikian masyarakat setempat diminta untuk terus menerapkan protokol kesehatan 5M sehingga kasus penyebaran virus mematikan itu tidak kembali meningkat.

"Masyarakat Rejang Lebong harus tetapi mematuhi protokol kesehatan 5M yakni selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, kemudian rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, selalu menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas," terangnya.

Jumlah sampel tes usap yang diambil dari masyarakat di daerah itu guna diperiksa di laboratorium mencapai 24.595 spesimen dengan hasil 3.454 sampel dinyatakan positif dan 21.141 sampel dinyatakan negatif.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021