Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melakukan upaya percepatan vaksinasi COVID-19 bagi warga setempat dengan cara menambah jumlah tenaga vaksinator di daerah ini.
 
“Tenaga vaksinator yang tergabung dalam tim dari sebanyak 19 tim, termasuk penambahan tenaga vaksinator di tim kepolisian resor setempat," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Riswandi Dani dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat.
 
Ia mengatakan, saat ini anggota dalam satu tim vaksinator dari sebanyak 19 tim ada lima hingga tujuh orang, untuk itu akan ditambah setiap tim masing-masing satu orang vaksinator.
 
Terkait penambahan tenaga vaksinator di daerah ini, ia mengatakan, pihaknya telah melatih tenaga kesehatan di instansi ini maupun di puskesmas dan RSUD sebagai tenaga vaksinator.
 
Sementara itu, ia mengatakan, pihaknya melakukan upaya percepatan vaksinasi termasuk vaksinasi terhadap pelajar yang berusia 12-18 tahun yang dilayani di setiap puskesmas di daerah ini.
 
Selain itu, ia minta kepada petugas kesehatan di dinas ini dan 17 puskesmas agar memberikan pelayanan vaksinasi dengan cara berkeliling ke desa dan kelurahan yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini.
 
"Kita sudah memberikan pelayanan vaksinasi keliling desa dan kelurahan, tetapi kendalanya soal mobilisasi masyarakat untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 di tempat yang telah disediakan di wilayahnya masing-masing," ujarnya.
 
Kendati demikian, pihaknya telah memberikan solusi untuk mengatasi kendala tersebut, yakni meminta kepada semua camat di daerah ini agar membantu melakukan mobilisasi masyarakat di desa-desa dan kelurahan.
 
“Suratnya sudah kami sampaikan ke Bupati. Jika sudah ditanda tangani, selanjutnya akan disampaikan ke kecamatan," ujarnya.
 
Ia menjelaskan, mobilisasi masyarakat dengan cara mengumpulkan mereka di aula kantor desa atau kecamatan lalu petugas vaksinator yang akan datang ke lokasi untuk memberikan vaksin COVID-19. ***3***
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021