Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyalurkan bantuan sosial berupa sembako kepada 700 keluarga warga yang terdampak pandemi COVID-19 di daerah setempat.

"Hari ini kami baru mengantarkan sambako ke setiap kecamatan selanjutnya kecamatan menyalurkan ke desa lalu diteruskan ke keluarga warga ," kata Kata Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Sanusi dalam keterangannya di Mukomuko, Rabu.

Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko tahun ini kembali mendapat alokasi dana yang bersumber dari APBD 2021 untuk membeli sebanyak 700 paket sembako untuk 700 keluarga warga yang rentan terdampak COVID-19.

Ia menjelaskan, anggaran untuk pembelian 700 paket sembako untuk warga miskin di daerah ini berasal dari pergeseran anggaran sejumlah organisasi perangkat daerah yang tidak digunakan.
 
Sedangkan jenis bantuan sembako untuk warga masyarakat miskin di daerah ini, katanya, berupa beras, minyak goreng, sarden, buah-buahan, mi instan dan telur ayam.

Ia memastikan, penyaluran bantuan sembako kepada sebanyak 700 keluarga warga miskin di daerah ini tepat sasaran, yakni warga yang terkenda dampak pandemi COVID-19.
 
Sementara itu, ia mengatakan, pihaknya memperoleh data sebanyak 700 keluarga warga miskin yang terdampak COVID-19 dari pihak kecamatan dan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan yang mengetahui kondisi warga masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing.
 
Selain itu, pihak kecamatan dan TKSK bekerjasama dengan pemerintah desa untuk mendapatkan data keluarga warga miskin yang belum pernah menerima bantuan sosial sebagai calon penerima bantuan sembako.
 
Sementara itu, instansinya sebelumnya telah melakukan survei di sejumlah warung di daerah ini untuk menentukan harga perkiraan sementara (HPS) setiap jenis sembako untuk warga miskin di daerah ini.
 
Selanjutnya, katanya, pihaknya melibatkan pihak ketiga yakni warung di daerah ini sebagai penyedia barang dan jasa pemerintah untuk menyediakan sembako untuk warga.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021