Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah menyiapkan bantuan ekonomi produktif bagi kalangan warga tidak mampu di daerah itu.

Ketua Baznas Rejang Lebong Faisal Nazarudin melalui Wakil Ketua Bidang Keuangan dan Pelaporan, Sukemi di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan dana yang dihimpun dari masyarakat setempat baik berupa zakat, infaq dan sedekah selanjutnya disalurkan kepada warga tidak mampu dan kelompok lainnya yang berhak menerimanya.

"Saat ini kita tengah menyiapkan bantuan usaha produktif untuk kalangan warga tidak mampu tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong, bantuan ini dinamakan program Rejang Lebong Sejahtera," kata dia.

Dia menjelaskan, program Rejang Lebong sejahtera tersebut merupakan satu dari lima program Baznas. Program bantuan ini diberikan untuk membantu peningkatan perekonomian warga tidak mampu, di mana bantuan diberikan dalam bentuk modal usaha maupun barang pendukung usaha.

Bantuan ekonomi produktif Baznas Rejang Lebong yang sudah berjalan sejak setahun belakangan, kata dia, adalah bantuan usaha peternakan kambing yang diberikan kepada warga di Kecamatan Bermani Ulu dan Bermani Ulu Raya serta Kecamatan Curup Utara.

"Bantuan ternak kambing ini diberikan dalam bentuk bantuan bergulir, satu kelompok diberikan tujuh ekor kambing indukan terdiri dari enam kambing betina dan satu ekor kambing jantan. Saat ini usaha peternakan kambing di tiga kecamatan sudah mulai berkembang," terangnya.

Sedangkan untuk bantuan usaha lainnya yang dalam dekat akan dibagikan ialah bantuan 25 unit gerobak bagi kelompok pemulung, serta 20 unit gerobak bakso serta gerobak bakso tempel dimotor.

Sementara itu untuk bantuan lainnya yang mereka siapkan adalah bantuan kursi roda untuk penyandang disabilitas, bahan kebutuhan pokok, alat semprot pertanian dan lainnya.

Sejauh ini dana umat yang berhasil dihimpun Baznas Rejang Lebong selama 2021 kata Sukemi, sampai akhir Oktober lalu mencapai Rp1,7 miliar dari target Rp2,6 miliar. Dana yang terkumpul ini selanjutnya untuk lima program Baznas seperti Rejang Lebong sehat untuk bidang kesehatan, Rejang Lebong cerdas di bidang pendidikan.

Selanjutnya program Rejang Lebong peduli untuk berbagai jenis bantuan sosial untuk kaum dhuafa, korban bencana alam alam dan lainnya, Rejang Lebong takwa untuk kegiatan bidang keagamaan serta Rejang Lebong sejahtera berupa bantuan bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021