Pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan satu puskesmas di daerah itu menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan karena dinilai terbaik di wilayah itu.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Rejang Lebong, Asri dalam keterangannya di Rejang Lebong, Senin mengatakan Puskesmas Tanjung Agung, Kecamatan Sindang Beliti Ulu telah mengharumkan nama daerah itu setelah berhasil menyisihkan utusan 9 kabupaten/kota lainnya se Provinsi Bengkulu dalam pemberian penghargaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2021.

"Penghargaan ini diberikan kepada Puskesmas Tanjung Agung sebagai puskesmas dengan peningkatan indeks keluarga sehat tertinggi tingkat provinsi. Selain itu, Puskesmas Tanjung Agung juga menerima penghargaan sebagai puskesmas dengan indeks keluarga sehat tertinggi tingkat provinsi," kata dia.

Dia menjelaskan, penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melalui Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, di mana penghargaan ini juga diterima oleh beberapa kabupaten/kota lainnya di Provinsi Bengkulu.

Penghargaan yang diterima Puskesmas Tanjung Agung tersebut diharapkannya akan mendorong 20 puskesmas lainnya tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong untuk berlomba-lomba guna mendapatkan penghargaan serupa pada tahun selanjutnya.

Menurut dia, keberhasilan Puskesmas Tanjung Agung dalam meraih penghargaan itu karena dinilai berhasil memenuhi beberapa indikator diantaranya keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB), ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan, bayi mendapat imunisasi dasar lengkap, bayi mendapat air susu ibu (ASI) eksklusif.

Penilaian puskesmas dengan peningkatan indeks keluarga sehat tertinggi tingkat provinsi dan puskesmas dengan indeks keluarga sehat tertinggi tingkat provinsi ini, tambah dia, sebelumnya dilaksanakan pihak Kemenkes RI dilakukan secara virtual dengan diikuti oleh seluruh puskesmas yang ada di Tanah Air.*

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021