Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah menyiapkan calon peserta Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi di wilayah itu yang akan dilaksanakan pada Mei 2022 mendatang.

"Pada bulan Maret nanti akan kita laksanakan MTQ tingkat kabupaten yang akan diikuti oleh 15 kecamatan. Saat ini masing-masing kecamatan masih melakukan penjaringan pesertanya," kata Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Rejang Lebong, Herwin Wijaya Kusuma di Rejang Lebong, Selasa.

Dia menjelaskan, pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Rejang Lebong ini rencananya akan dilaksanakan pada awal Maret nanti di Masjid Agung Baitul Makmur Curup dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten ini, kata dia, untuk menjaring peserta yang akan mewakili Kabupaten Rejang Lebong pada MTQ tingkat Provinsi Bengkulu ke-35 yang akan dilaksanakan pada Mei 2022 di Kabupaten Kaur.

Para peserta yang akan dijaring ini nantinya akan mengikuti lomba di cabang tilawah mulai dari anak-anak hingga dewasa putra-putri, cabang hifzil quran, cabang syarhil quran, cabang fahmil quran, cabang khattil quran, cabang musabaqah al hadits dan cabang menulis makalah Alquran.

"Untuk pelaksanaan MTQ ini nantinya akan kita laksanakan bekerja sama dengan pihak Kemenag Rejang Lebong. Kita berharap nantinya akan lahir qori dan qoriah yang bisa mengharumkan nama Kabupaten Rejang Lebong maupun Provinsi Bengkulu," ujar Herwin.

Menurut dia, pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Bengkulu ke 34 tahun 2019 lalu prestasi kafilah Kabupaten Rejang Lebong cukup baik dengan memperoleh lima emas dari cabang tilawah cacat netra putri, tilawah putra dewasa, hifzil quran 10 juz putri, hifzil quran 20 juz putri, cabang khattil quran golongan naskah putera.

"Peserta yang memperoleh medali emas dari Kabupaten Rejang Lebong ini kemudian mewakili Provinsi Bengkulu pada pelaksanaan MTQ tingkat nasional di Sumatera Barat pada tahun 2020 lalu, walaupun tidak berhasil menjadi juara namun ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan," demikian Herwin Wiajay Kusuma.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022