Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan daerah tersebut pada tahun ini menerima kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan dari pemerintah pusat mencapai Rp20 miliar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rejang Lebong Rezza Pakhlevie di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan alokasi DAK bidang pendidikan tersebut jumlahnya lebih besar dibandingkan dengan yang diterima pada 2021 sebesar Rp12 miliar.

"Kabupaten Rejang Lebong pada tahun 2022 ini menerima DAK bidang pendidikan sebesar Rp20 miliar, di mana Rp15 miliar akan digunakan untuk pembangunan fisik dan Rp5 miliar pengadaan," kata dia.

Dia menjelaskan DAK bidang pendidikan yang diterima daerah itu nantinya akan dialokasi untuk kegiatan pembangunan fisik dan pengadaan baik untuk sekolah tingkat SD dan SMP yang ada di wilayah itu.

Sedangkan untuk teknis dari penggunaan DAK pendidikan tahun ini, kata dia, belum diketahuinya karena masih menunggu petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaannya.

Menurut dia, sekolah-sekolah yang akan menerima DAK pendidikan itu kondisinya sudah mengalami kerusakan dan telah mengajukan usulan perbaikan melalui aplikasi khusus dari sekolah terhubung ke Kemendikbud Ristek yang dilakukan secara berkala.

"Jadi sekolah-sekolah ini yang membuat usulannya, mereka membuat laporan kondisi sekolah. Kalau sekolah yang tidak membuat laporan tidak bisa menerima bantuan ini walaupun kondisi sekolahnya layak untuk mendapatkannya," kata dia.

Pihaknya juga akan melakukan pendataan sekolah-sekolah baik tingkat SD dan SMP yang tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong.

"Pak Bupati juga sudah meminta Disdikbud Rejang Lebong untuk turun ke lapangan guna melakukan pendataan kondisi sekolah yang ada di Rejang Lebong. Hal ini dilakukan guna mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong saat kampanye dulu, karena untuk pembagian seragam sekolah gratis dalam waktu dekat akan segera direalisasikan," katanya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022