Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, membagikan bantuan program pencegahan stunting atau gagal tumbuh pada anak-anak keluarga tidak mampu yang ada di daerah itu.

Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong Hartini Syamsul Effendi usai membagikan paket bantuan pencegahan stunting di Kelurahan Air Bang, Kecamatan Curup Tengah, Kamis, mengatakan, jika permasalahan stunting merupakan salah satu program prioritas PKK daerah itu selain program utama lainnya.

"Bantuan pencegahan stunting yang diberikan ini berupa paket makanan tambahan, tadi bantuannya sudah diserahkan kepada 10 orang," kata dia.

Dia menjelaskan, bantuan paket pencegahan stunting yang disalurkan ke wilayah Kelurahan Air Bang tersebut merupakan bagian dari program kerja PKK Kabupaten Rejang Lebong yang menjadikan daerah itu sebagai kampung percontohan PKK Gagah Berencana Peduli dengan fokus kegiatan penanganan masalah stunting.

Pada penanganan kasus stunting ini, kata dia, selain harus mendapatkan bantuan tambahan asupan bergizi kalangan orang tua juga diminta rutin memantau pertumbuhan dan perkembangan anak dengan mendatangi posyandu yang ada di desa atau kelurahan masing-masing.

"Salah satu upaya untuk mencegah stunting ini ialah dengan rajin membawa anak balita kita ke posyandu sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak bisa dipantau," kata dia.

Pencegahan kasus stunting terhadap anak balita ini, tambah dia, harus dilakukan sejak dini sehingga nantinya bisa menciptakan generasi Indonesia yang berkualitas sehingga bisa meneruskan kelangsungan pembangunan di masa yang akan datang.

Penanganan kasus stunting di daerah itu, kata dia, harus melibatkan semua sektor dan tidak bisa dilakukan oleh satu instansi saja sehingga bisa dituntaskan secara menyeluruh. ***3***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022