Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini kembali melanjutkan programnya mengurangi jumlah penderita penyakit mata katarak.

"Sudah seminggu berjalan pemeriksaan awal atau screening untuk memastikan penderita mata katarak bisa atau tidak dioperasi," kata Kabid Bina Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Junharto, di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan, pemeriksaan awal tersebut telah berjalan seminggu terakhir di 17 puskesmas yang tersebar di daerah itu.

Ia menjelaskan, petugas puskesmas langsung dan telah dilatih yang melakukan pemeriksaan terhadap penderita penyakit mata katarak di daerah tersebut.

Ia memastikan, tidak kurang dari ratusan orang yang telah menjalani pemeriksaan awal itu, namun belum ada laporan jumlah penderita yang bisa dioperasi.

Pelaksanaan operasi mata katarak gratis tersebut, sebutnya, saat puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) kabupaten itu yang ke-11, tanggal 14 - 16 Februari 2014.

Ia menerangkan, seperti kegiatan operasi mata katarak gratis tahun sebelumnya, kegiatan itu tidak terbatas bagi penderitanya di daerah itu saja tetapi boleh diikuti oleh warga di luar daerah tersebut.

"Kegiatan ini berlaku se-provinsi. Jadi tidak hanya warga setempat saja tetapi warga dari luar diperbolehkan menjalani operasi mata katarak gratis," ujarnya lagi. (Antara)

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014