Mukomuko, Bengkulu (Antara) - Menyambut hari jadi ke-11  Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, bersama Badan Musyawarah Adat setempat mengadakan tradisi syukuran dengan menyembelih tujuh ekor kerbau.

"Pada HUT ke-11 kabupaten ini, kita menyembelihkan tujuh ekor kerbau," kata Kabag Kesra Sekretariat Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Ansari, di Mukomuko, Rabu.

Diakuinya, bahwa kegiatan penyembelihan sebanyak tujuh ekor kerbau tersebut tidak ada pada peringatan HUT kabupaten ini  sebelumnya.

Menurut dia, pemerintah setempat baru melaksanakan tradisi adat tersebut pada HUT ke-11, sebagai bentuk syukuran karena diusia ke-11 kabupaten itu, kondisi aman, pembangunan pesat.

"Melalui momen ini lah kita ingin bersyukur kepada tuhan," ujarnya lagi.

Ia menjelaskan, pemerintah setempat melibatkan Badan Musyawarah Adat (BMA) dalam tradisi penyembelihan tujuh ekor dilanjutkan doa syukuran bersama.

Setelah doa bersama, kata dia, semua masyarakat yang hadir pada acara itu diajak makan bersama dengan lauk pauk tujuh ekor kerbau tersebut.

Ia menerangkan, kalau pada HUT daerah itu sebelumnya kecamatan mengadakan acara dan upacara sendiri, kini semua digabung, semua kecamatan termasuk masyarakat merayakan di pusat kabupaten.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014