Mukomuko (Antara) - Rumah Sakit Umum Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu telah menjadwalkan operasi gratis bagi 200 penderita mata katarak berat.

Kegiatan operasi gratis persembahan Komda Lanjut Usia bekerjasama dengan Pemkab Mukomuko, kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mukomuko, Syafriadi, di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan, saat ini hasil screning atau pemeriksaan terhadap 300 penderita mata katarak di daerah itu belum semuanya mengalami kondisi berat.

Ia menyebutkan, data terakhir dari Dinas Kesehatan setempat melalui petugas puskesmas, baru sebanyak 112 orang penderita mata katarak berat yang akan menjalani operasi gratis.

Menurut dia, masih kurang sekitar puluhan orang penderita mata katarak berat yang menjadi target operasi di daerah itu.

Kendati demikian, kata dia, petugas puskesmas dan RSUD setempat masih membuka peluang bagi penderita mata katarak bai dari daerah itu maupun luar daerah untuk mengikuti operasi gratis.

"Pesertanya  tidak kita batasi. Penderita mata katarak dari kabupaten lain di provinsi ini diberikan kesempatan untuk sembuh dengan cara dioperasi," ujarrnya.

Ia menerangkan, sedangkan pelaksaan operasi mata katarak gratis pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kabupaten itu ke 11 pada 25 Februari 2014.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014