Program Kartu Prakerja gelombang ke-24 secara resmi dibuka hari ini di Provinsi Bengkulu sekaligus memperingati dua tahun Kartu Prakerja di Bengkulu.
 
Kepala Staf Kepresidenan sekaligus Wakil Ketua Komite Cipta Kerja, Moeldoko melalui zoom meeting, Kamis menyebutkan bahwa Kartu Prakerja tidak hanya menyediakan aneka pelatihan tapi juga menghubungkan dengan beragam lowongan kerja yang sedang dibuka di seluruh Indonesia.
 
"Kamis, 17 Maret 2022, dengan ini, saya nyatakan Gelombang 24 Program Kartu Prakerja resmi dibuka," kata Moeldoko.
 
Meskipun saat ini Kartu Prakerja baru berusia dua tahun namun capaian prestasi program tersebut sangat tinggi, terutama dalam membawa misi ganda dan inklusif.
 
Seperti meningkatkan kompetensi melalui pelatihan, menghubungkan supply dengan demand serta menyalurkan bantuan untuk menopang daya beli.
 
"Semua ini bisa dilakukan karena terobosan inovasi teknologi yang dilakukan Program Kartu Prakerja," ujarnya.
 
Staf Ahli bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Muhamad Ikhwan mengatakan bahwa Kartu Prakerja bagi masyarakat Provinsi Bengkulu membantu perekonomian masyarakat ditengah pandemi COVID-19.
 
"Kami memberikan apresiasi yang sangat tinggi karena Program Kartu Prakerja terasa sekali manfaatnya bagi angkatan kerja di Bengkulu," terangnya.
6
Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari bahwa kategori pelatihan yang paling diminati oleh sobat Prakerja di Provinsi Bengkulu yaitu bidang Penjualan Pemasaran, Gaya Hidup, Makanan dan Minuman, Manajemen serta Perkantoran.
 
"Survei Evaluasi Prakerja mencatat bahwa 98 persen penerima manfaat di Bengkulu menyatakan program ini meningkatkan kompetensi, keterampilan, dan soft skill serta sebanyak 97 persen peserta mengakui bahwa Kartu Prakerja mendorong kewirausahaan," jelasnya.
 
Diketahui, sejak peluncuran Gelombang pertama, Kartu Prakerja menjangkau 186.287 penerima manfaat dari 10 Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Bengkulu yang memiliki julukan ‘Bumi Rafflesia’.
 
Hingga pertengahan Maret, total insentif yang telah disalurkan kepada penerima Kartu Prakerja di Provinsi Bengkulu mencapai Rp459 miliar.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022