Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Palangka Raya (UPR), Kalimantan Tengah membekali para mahasiswa dari sejumlah universitas dengan kemampuan jurnalistik.

"Pelatihan jurnalistik ini sangat bagus, untuk melengkapi kemampuan mahasiswa menghadapi persaingan ke depan," kata Dekan Fakultas Hukum UPR Suriansyah Murhaini di Palangka Raya, Senin.

Menurutnya kemampuan jurnalistik sangat penting untuk bisa dimiliki para mahasiswa, terlebih seiring pesatnya perkembangan teknologi informasi di masa kini.

Suriansyah menjelaskan, semakin banyak pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki mahasiswa, juga semakin memudahkan mereka menghadapi dunia kerja usai menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

"Pelatihan jurnalistik ini ke depan bisa kita tindaklanjuti, misalnya ada kajian di kampus ataupun tingkat kemahasiswaan berkaitan produk jurnalistik, sehingga kegiatannya bisa berkesinambungan," ucapnya.
 
Pelatihan jurnalistik ANTARA di UPR, Palangka Raya, Senin, (28/3/2022). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)


Kepala Biro ANTARA Kalteng Rachmat Hidayat mengatakan, melalui kegiatan ini pihaknya ingin berpartisipasi meningkatkan pengetahuan serta kemampuan mahasiswa tentang jurnalistik.

"Kemampuan jurnalistik di era perkembangan teknologi informasi yang kian pesat, menjadi salah satu kebutuhan yang harus bisa kita penuhi," terangnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN, yakni kegiatan yang merupakan komitmen perusahaan terhadap pembangunan berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola dengan prinsip lebih terintegrasi, terarah, terukur dampaknya, serta dapat dipertanggungjawabkan.

Rachmat mengharapkan agar pelatihan ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para mahasiswa, terlebih narasumber yang dihadirkan memiliki segudang pengalaman di bidang jurnalistik, yakni pewarta foto ANTARA Puspa Perwitasari  dan  reporter ANTARA TV Ardi Irawan.

Wakil Presiden Mahasiswa FH UPR Sendy Yonathan mengatakan, pihaknya berharap melalui pelatihan jurnalistik ini para mahasiswa yang berpartisipasi semakin cakap dan mengerti tentang jurnalistik.

"Apalagi kegiatan kita dalam keseharian kerap berkaitan dengan jurnalistik tanpa disadari, khususnya saat membuka media sosial," tuturnya.

Ke depan Sendy ingin khususnya di FH UPR bisa membuat terobosan baru terkait kegiatan yang berkaitan jurnalistik di tingkat mahasiswa dengan pendampingan oleh ANTARA, sehingga kegiatan ini bisa terlaksana secara berkelanjutan.

Kegiatan ini diikuti puluhan mahasiswa dari sejumlah fakultas dan universitas, seperti Universitas Palangka Raya, hingga IAIN Palangka Raya.

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022