Mukomuko (Antara) - Badan Koordinasi, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyediakan konsultasi gratis bagi perempuan dan anak korban kekerasan dalam rumah tangga.

"Mulai tahun ini kita sudah ada pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak," kata Kepala Badan Koordinasi, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan (BKKB dan PP) Kabupaten Mukomuko, Novizar, di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan, di pusat pelayanan tersebut korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di daerah itu akan mendapatkan pelayanan konsultasi gratis dari psikolog di instansi tersebut.

Termasuk juga, kata dia, bagi anak-anak di daerah tersebut yang menjadi korban kekerasan seksual dan KDRT oleh orang tua.

Ia menjelaskan, psikolog di pusat pelayanan itu yang akan membantu korban dalam memulihkan psikisnya sehingga kejiwaan korban kembali normal.

Selain menyediakan, kata dia, petugas di pusat pelayanan itu akan mendatangi langsung rumah warga yang menjadi korban KDRT dan kekerasan seksual.

"Kalau kami mengetahui informasi soal itu, petugas yang langsung datang untuk membantu memulihkan kejiwaan korban," ujarnya.

Ia berharap, warga memanfaatkannya dan melaporkan kepada instansi itu kalau ada kasus KDRT dan kekerasan seksual.

Ia mencatat, tahun 2013 sebanyak 18 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Kekerasan itu meliputi 16 kasus kekerasan terhadap anak dan dua terhadap perempuan.  (Antara)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014