Mukomuko,  (Antara) - Calon legislatif perempuan dari Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Nurhandayani, menginginkan masa mudanya berguna untuk kemajuan bangsa terutama dari sisi pendidikan.

"Saya ingin maksimalkan masa muda untuk kemajuan bangsa ini," kata Nurhandayani, saat ditanya motivasinya menjadi calon legislatif (Caleg) untuk DPRD setempat, di Mukomuko.

Perempuan yang baru menginjak usia 23 tahun itu mengatakan ingin sekali pada masa mudanya sekarang ini dapat berguna bagi bangsa ini terutama di daerah kelahirannya.

Menurut dia, banyak sekali pekerjaan rumah yang belum diselesaikan oleh pemerintah setempat. Seperti pendidikan dan ekonomi.

Dari dua bidang tersebut, kata dia, yang penting dibenahi terlebih dahulu di daerah itu adalah bidang pendidikan. Yang dibenahi adalah sistem pendidikan yang ada saat ini.

Pendidikan di daerah itu, menurut anak ketiga dari tiga bersaudara ini, masih jauh tertinggal dibandingkan Kota Bengkulu dan Provinsi Sumatera Barat.

Ia menjelaskan, yang perlu dibenahi di bidang pendidikan adalah peningkatan sumber daya manusia (SDM) guru pendidik. Dia menilai guru sekarang itu lebih banyak memberikan pendidikan hanya pada nilai seorang anak bukan pada karakter anak.

Alumni Universitas Putra Indonesia Yayasan Perguruan Tinggi Komputer Padang (UPI YPTKP) berpendapat seharusnya sebagai daerah yang otonom pemerintah setempat dapat mengubah sistem pendidikan di kabupaten tersebut.

Selain itu, kata dia, di wilayahnya di daerah pemilihan (Dapil) Mukomuko dua, banyak sarjana sarjana muda yang menganggur hanya untuk menunggu menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Menurut dia, bekerja itu tidak mesti harus menjadi PNS. Bisa saja menjadi pengusaha atau bekerja sesuai disiplin ilmunya.

Ia menerangkan, dirinya maju menjadi caleg tidak seperti caleg lain menjanjikan yang muluk-muluk dan "berkoar-koar". Dia lebih banyak mencari dukungan dengan cara bersilahturahmi.***1***


Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014