Bengkulu (Antara) - Sekuntum bunga Rafflesia bengkuluensis kembali mekar di dalam kawasan hutan di tepi Sungai Padangguci, di Kabupaten Kaur, Bengkulu, Selasa.

"Kami menemukan bunga rafflesia jenis bengkuluensis mulai mekar di hutan Padangguci," kata Nopri Yanto, warga yang menemukan bunga mekar itu saat dihubungi dari Bengkulu.

Ia mengatakan lima kelopak bunga sudah membuka, namun diperkirakan mekar sempurna pada Rabu (12/3).

Saat ini ukuran bunga atau diameternya mencapai 50 centimeter, dan diperkirakan akan bertambah lebar saat mekar sempurna.

"Kami perkirakan bunga mekar dapat dinikmati dalam lima hari ke depan," tambah Koordinator Komunitas Pemuda Padang Guci Peduli Puspa Langka ini.

Selain satu bunga yang mulai mekar itu, warga Desa Manau Sembilan Kecamatan Padangguci itu juga menemukan dua bonggol atau calon bunga.

Dua calon bunga itu diperkirakan akan mekar dalam beberapa pekan ke depan, sebab ukurannya sudah cukup untuk mekar.

"Ukurannya sudah sebesar kubis atau kol yang siap panen, dan untuk rafflesia artinya sudah siap mekar," tambahnya.

Sepekan sebelumnya, warga setempat juga menemukan bunga rafflesia yang mekar sempurna di lokasi itu.

Setelah diidentifikasi oleh pakar flora dari Universitas Bengkulu Agus Susatya, dipastikan bahwa bunga rafflesia itu jenis bengkuluensis.

Bunga Rafflesia bengkuluensis pertama kali diidentifikasi oleh Agus Susatya dan dua rekannya dari salah satu universitas di Malaysia.

Dengan penemuan jenis bengkuluensis, maka saat ini diketahui ada empat jenis rafflesia yang tumbuh di kawasan hutan Bengkulu yakni jenis arnoldii, gadutensis, hasselti dan bengkuluensis. (Antara)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014