Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bengkulu, Erfan menginstruksikan warga binaan pemasyarakatan (WBP) dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang ada di wilayah itu mengisi bulan Ramadhan 1443 Hijriyah dengan berbagai kegiatan ibadah.

"Kita mengimbau kepada kepala lapas untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang mendapatkan amal ibadah seperti pengajian, pesantren kilat, zikir-zikir dan lainnya," kata dia usai melaksanakan Safari Ramadhan di Lapas Kelas IIA Curup Kabupaten Rejang Lebong, Senin malam.

Dia menjelaskan, kegiatan-kegiatan kerohanian yang dilaksanakan oleh lapas yang ada di Provinsi Bengkulu selama bulan Ramadhan kali ini dinilainya sudah bagus dan diharapkan bisa berjalan terus sehingga bisa meningkatkan ketakwaan WBP dan tidak akan mengulangi perbuatannya.

Kegiatan Safari Ramadhan Kemenkumham yang dilakukan dirinya bersama rombongan ke Lapas Kelas IIA Curup ini, kata Erfan, selain untuk menjalin silahturahmi juga mengetahui kondisi lapas yang ada di daerah serta dalam rangka hari Bakti Pemasyarakatan ke 58.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIA Bambang Wijanarko mengatakan jumlah penghuni lapas tersebut saat ini mencapai 626 orang dengan rincian tahanan sebanyak 50 orang dan WBP atau napi sebanyak 556 orang.

"Kegiatan keagamaan selama bulan Ramadhan 1443 Hijriyah di Lapas Kelas IIA Curup kita isi dengan ceramah agama, shalat tarawih berjamaah, kegiatan tadarusan, iktikaf," kata dia.

Kalangan WBP yang mengikuti kegiatan keagamaan selama bulan Ramadhan ini, tambah dia, jumlahnya sebanyak 40 orang, di mana mereka ini mewakili masing-masing blok. Sedangkan untuk pelaksanaan pesantren kilat belum mereka laksanakan karena situasi masih pandemi COVID-19.***3***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022